PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KENAGARIAN KAPAU KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM
Keywords:
peran orang tua, pendidikan, sekolah dasarAbstract
Orang tua adalah guru pertama dalam mendidik anak dalam rumah tangga. Setelah anak masuk sekolah, baru guru secara formal dalam memberikan ilmu, pendidikan dan pengajaran kepada anak didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran orang tuan dalam pendidikam anak Sekolah Dasar. Di Kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. . Metode penelitian dengan melaksanakan survey dengan memberikan angket kepada orang tua yang anak mereka belajar di 3 Sekolah Dasar di Kenagarian Kapau. Penelitian dilakukan tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2021. Dari 21 item angket yang diberikan menunjukkan bahwa 16 angket menunjukkan kategori baik, 5 angket yang menunjukkan kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa partisipasi orang tuan dalam pendidikan anak Sekolah Dasar di kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang termasuk kategori baik,.
References
Gusnetti dkk. (202). Pelaksanaan Pendidikan Sekolah Dasar di Kenagarian Kapau
Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Cerdas Prokamator.
Volume 10 (2022)
.
Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang
Dewi, W. A. F.,( 2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55-61.
Djamarah, Bahr, S. & Zain, A., 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Menteri Pendidikan.(2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mistrianingsih, Siti. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 11-21
Ningrum, Elwien Sulistya & Yusuf Sobri. (2015) . Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. . Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 111-121
Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-12.
Purwanto, A. dkk.(2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Artikel Luaran KKN BMC Unnes 2020 Desa Pegandon | 7 COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-11.
Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang
Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud No. 6 Tahun 2019, Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Pasal 2 ayat (18) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.
Pasal 2 ayat (4) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Sekolah Dasar yang selanjutnya disingkat SD, adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Cerdas Proklamator
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.