MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

  • Untung Slamet Sugiyarto SDN 1 Wonocoyo, Kec. Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah
  • Yosi Wulandari Universitas Ahmad Dahlan
  • Andi Casworo SDN Luwunggede 04, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes
Keywords: Media pembelajaran, media Interaktif, Powerpoint, pembelajaran daring

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah kemampuan guru dalam memilih media pembelajaran. Selain itu, guru pun harus mampu menentukan suatu media pembelajaran yang tepat dengan suatu materi yang hendak disampaikan. Oleh karena itu, seorang guru harus menguasi atau minimal mengetahui keunggulan dan kekurangan dari media pembelajaran yang digunakan ditinjau dari cara belajar siswa, kondisi dan situai sekolah, sarana dan prasarana yang ada, serta kemampuan guru dalam menggunakan kemampuan media pembelajaran tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya pemanfaatan media pembelajaran powerpoin Interaktif di sekolah dasar dalam pembelajaran daring. Metode penulisan artikel ini adalah studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari studi pustaka dalam tulisan ini ialah media pembelajaran powerpoint interaktif  penting untuk diterapkan di sekolah dasar dalam pembelajaran daring sebagai upaya meningkatkan kuliatas pembelajaran dan kompetensi guru

References

Andriani, M. R. & W. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS 2 SDN BERGAS KIDUL 03 KABUPATEN SEMARANG. Scholaria, 6(1), 143–158. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Cahyono, K. (2013). Penggunaan Media Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar (Studi Kasus di Universitas Abdurrab Pekanbaru Riau). Jurnal Bina Praja, 05(04), 243–252. https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.243-252.
Hamalik, O. (1999). Media Pendidikan. Citra Aditya Bakti.
Muladi. (2012). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web pada mata pelajaran tik pokok bahasan menggunakan perangkat lunak pengolah angka. Tekno, September, 51–63.
Nursit, I. (2016). Pengembangan multimedia interaktif berbasis power point (macro-enabled) pada mata kuliah geometri euclid dalam pembelajaran matematika. Media Pendidikan Matematika, 4(1), 41–49. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm/article/view/127
Rahadi, A. (n.d.). Media Pembelajaran. Depdiknas, Dirjen Dikdasmen, Dirjen Tenaga Kependidikan.
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177
Published
2021-02-02
Section
Articles Jurnal Cerdas Proklamator