FENOMENA KELEMAHAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

  • Aisyah Anggraeni Universitas Negeri Padang
Keywords: IPS, sekolah dasar, kelemahan, penyebab, solusi.

Abstract

Tulisan ini bermaksud menjelaskan fenomena kelemahan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di sekolah dasar. Hal ini dengan tujuan memberi wawasan kepada para pihak yang berkiprah di dunia pendidikan untuk semakin memahami: latar belakang mengapa pendidikan IPS SD di Indonesia mengalami fenomena kelemahan dan belum dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan; kaitan antara persoalan kelemahan pendidikan IPS SD dengan bahan ajar; dan solusi untuk mengatasi persoalan kelemahan pendidikan IPS SD. Diketahui, penyebab yang melatarbelakangi pendidikan IPS SD belum dapat memberikan hasil seperti yang diharapkan berpangkal pada kurikulum, rancangan, pelaksana, pelaksanaan ataupun faktor-faktor pendukung pembelajaran. Ini semua tidak bisa pula dilepaskan dengan bahan pendidikan IPS yang kurang memadai. Para guru perlu meningkatkan kinerjanya dengan metode pembelajaran yang bervariasi, menimba ilmu untuk memperkaya bahan ajarnya, dan melatih keterampilannya agar ia mampu menyajikan pembelajaran IPS SD dengan menarik. Disarankan agar para insan pendidikan dapat menerapkan pemahaman tentang pendidikan IPS SD dan solusi untuk mengatasi persoalan kelemahan pendidikan IPS SD tersebut dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran.

References

Adisukarjo, S. 2005. Horizon Pengetahuan Sosial 5 B. Yogyakarta: Yudhistira.
Al-Muchtar, S. 2006. Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Ananda, Azwar dan Hendrizal. 2018. Perbandingan Sistem Pendidikan Antarnegara. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
Anggraeni, Aisyah. 2019. “Urgensi Penerapan Pendekatan Konstruktivisme pada Pembelajaran PKn SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Jurnal PPKn & Hukum, Volume 14, Nomor 2, Oktober 2019, halaman 18-37, ISSN: 1907-5901, Prodi PPKn FKIP Universitas Riau, Pekanbaru; URL: https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7867/6753.
Anggraeni, Aisyah. 2020. “Menegaskan Manusia sebagai Objek dan Subjek Ilmu Pendidikan.” Jurnal PPKn & Hukum, Volume 15, Nomor 1, April 2020, halaman 60-74, ISSN: 1907-5901, Prodi PPKn FKIP Universitas Riau, Pekanbaru.
Baar, Sarth and Shermis. 1978. The Nature of the Social Studies. Palm Spring California: ETC Publications.
Banks, J.A. and A.C. Ambrose. 1985. Teaching Strategies for the Social Studies. New York: Longman, Inc.
Bell, B. 1993. Children’s Science, Constructivism and Learning in Science. Australia: Deakin University.
Bloom, B.S. 1976. Human Characteristicts and School Learning. New York: Mc Graw-Hill Book.
Boediono, M., dkk. 1990. “Menyongsong Globalisasi: Loncatan Konseptual dan Kepemimpinan Intelektual.” Mimbar Pendidikan, IX. Bandung: IKIP Bandung.
Boediono, M., dkk. 1997. Pendidikan dan Perubahan Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Aditya Media.
Bogdan, R. and S.K. Biklen. 1992. Qualitative and Research for Education: an Introduction to Theory and Method. Boston: Allyn and Bacon.
Bruner, J. 1978. The Process of Educational Technology. Cambridge: Harvard University.
Cartledge, C.R. and J.F. Milburn. 1992. Teaching Social Skill to Children: Innovative Approach. New York: Pergemon Press.
Chaplin, J.R. and R.G. Messick. 1992. Elementary Social Studies: a Practical Guide. New York: Longman.
Chauhan, S.S. 1979. Innovation in Teaching: Learning Process. New Delhi: Vikas Publishing House PVT, Ltd.
Combs, M.L. and D.A. Slaby. 1977. Social Skill Training with Children. New York: Plennum Press.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusbangkurandik.
Depdiknas. 1999. Hasil Evaluasi Kurikulum 1994 untuk SD. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi SD dan MI. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Djahiri, K. 1997. “Membina PIPS, IPS dan PPS yang Menjawab Tantangan Hari Esok.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Sosial, I/1993. Bandung: Forum Komunikasi FPIPS/PS Indonesia.
Farris, P.J. and S.M. Cooper. 1994. Elementary Social Studies. Dubuque, USA: Brown Communications, Inc.
Hendrizal. 2015. “Menelisik Implikasi Perkembangan Kognitif dan Sosioemosional dalam Pembelajaran.” Jurnal PPKn & Hukum, Volume 10, Nomor 2, Oktober 2015, halaman 18-35, ISSN: 1907-5901, Prodi PPKn FKIP Universitas Riau, Pekanbaru; URL: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/download/3647/3553.
Hendrizal. 2015. Kajian Psikologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Padang: Bung Hatta University Press.
Hendrizal. 2016. “Menganalisis Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Ekotrans, Volume 16, Nomor 2, Januari 2016, halaman 17-25, ISSN: 1411-4615, Prodi Ekonomi & Sosial LPPM Universitas Ekasakti, Padang.
Hendrizal. 2016. “Mewujudkan Profesionalisme Guru di Indonesia.” Dalam buku Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SEMDIK) Profesi Guru Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), terbitan FKIP Universitas Bung Hatta, Padang, 24 September 2016, halaman 188-199, ISBN: 978-602-60289-0-7.
Hendrizal. 2018. Mengulas Masalah Pendidikan. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
Hendrizal. 2019. Mengupas Problema Kependidikan. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
http://mgmpips.wordpress.com/2007/03/02/pengertian-bahan-ajar-materi-pembelajaran/.
http://mkpd.wordpress.com/2007/07/07/landasan-kependidikan-stimulus-ilmu-pendi-dikan-bercorak-indonesia/.
Sanusi, A. 1998. Pendidikan Alternatif: Menyentuh Aras Dasar Persoalan Pendidikan dan Kemasyarakatan. Bandung: PPs IKIP Bandung dan Grafindo Media Pratama.
Somantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PPs-UPI dan Remaja Rosdakarya.
Syaodih, Erliany. 2008. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial.” Tersedia di http://educare.e-fkipunla.net/.
Weton, D.A. and J.T. Mallan. 1988. Children and Their World. Boston: Houghton Mifflin Coy.
Published
2020-12-30
Section
Articles Jurnal Cerdas Proklamator