PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD

Authors

  • M Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Rofita Nurman SDN 04 Lunang
  • M Sayuti Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.78

Keywords:

Pengembangan Modul, Pendekatan Contextual Teaching and Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning untuk siswa kelas IV SD Negeri 04 Lunang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dandevelop.  Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain, dan 1 orang validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 3,3 kategori valid, dari aspek desain memperoleh penilaian 3,33 kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,9 kategori sangat valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learningmemenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata 3,51. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentasi hasil 81% dengan kategori praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 90,02% kategori sangat praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS dengan pendekatan contextual teaching and learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD.

References

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z.,Tamrin, M.,&Khairat, A (2020).Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar.Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Arifin, Z. (2012). Penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Wali Pers
Daryanto. (2013: 9). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Gava Media
Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470
Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58
Mufidah, C.I. (2014). Pengembangan Modul
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tim Prodi PGSD. 2012. PanduanPenulisanSkripsi. Padang: Universitas BungHatta.
Trianto. (2017). Mendesain modul pembelajaran inovatif-progresif dan kontekstual. Jakarta: Kencana
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif:Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Kencana.
Yanto, D.T.P. (2019). Praktikalitas Model Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Inovasi dan Teknologi. Voliume 19 Nomor 1.
Yusuf. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

Downloads

Published

2021-07-14

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator