IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Alfurqan Alfurqan Universitas Negeri Padang
  • M Tamrin Universitas Bung Hatta
  • Zulvia Trinova UIN Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.79

Keywords:

Implementasi, Problem Solving, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Problem solving merupakan metode strategi yang mendorong siswa untuk berpikir dan memanfaatkan wawasan tanpa berfokus pada kualitas ide-ide mereka. Siswa diharapkan lebih aktif karena tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi juga aktif memecahkan masalah yang mereka diskusikan, oleh karena itu seorang guru harus efektif memotivasi siswa untuk mencoba menyuarakan ide-idenya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis data, yaitu secara metodis mencari dan mengumpulkan data dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, serta penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini antara lain mengadopsi metodologi ilmiah dan pendekatan yang berpusat pada siswa untuk menerapkan strategi pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI di SDN 06 Pancung Soal. Adanya komunikasi yang baik antara pengajar dan siswa, serta fasilitas pembelajaran yang sesuai, merupakan elemen yang mendukung penerapan teknik pemecahan masalah. Dari segi evaluasi kognitif, emosional, dan psikomotorik, sistem evaluasi penerapan teknik pemecahan masalah dalam pembelajaran PAI di SDN 06 Pancung Soal dilakukan sepanjang proses pembelajaran sampai dengan selesainya pembelajaran.

References

Alfurqan, A., & Harmonedi, H. (2017). Pandangan Islam Terhadap Manusia: Terminologi Manusia dan Konsep Fitrah serta Implikasinya dengan Pendidikan. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 2(2), 129-144.
Alfurqan, A. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya.
Asfar, A. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).
Heri, G. (2014). Pendidikan Islam Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati, F. A. (2018). Pengaruh Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)(Studi Di SMA Negeri 1 Puloampel) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri" Sultan Maulana Hasanuddin" Banten).
Khairani, I., & Safitri, R. (2017). Penerapan metode pembelajaran problem solving untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi usaha dan energi di MAN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 32-40.
Mahmud, S., & Idham, M. (2017). Strategi Belajar-Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Mulyasa, H. E. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013.
Murniyetti, Alfurqan. (2018). Profil Pendidik Dalam Lingkaran Terminologi Ayat-Ayat Alquran. Islam Transformatif: Journal of Islamic Studies, 1(2), 191-202.
Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30.
Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.
Sani, K., & Kurinasih, I. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kata Pena, Surabaya.
Sanusi, S. (2016). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI STAIN KUDUS. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(2).
Sidik, F. (2016). Guru Berkualitas Untuk Sumber Daya Manusia Berkualitas. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 109-114.
Sudrajat, D. (2016). Portofolio: Sebuah model penilaian dalam kurikulum berbasis kompetensi. Intelegensia, 1(2).
Syaiful, B. D., & Aswan, Z. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-07-14

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator