MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

  • Arespi Junindra Universitas Negeri Padang
  • Betridamela Nasti Universitas Negeri Padang
  • Rusdinal Rusdinal Universitas Negeri Padang
  • Nurhizrah Gistituati Gistituati Universitas Negeri Padang
Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Peran utama pendidikan ialah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik melalui lembaga pemerintah maupun non pemerintah. Salah satu solusinya ialah melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai pengelolaan sumber daya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sekolah diberi wewenang langsung terkait pelayanan di sekolah baik pelayanan secara internal maupun secara eksternal. Hal ini sejalan dengan kebijakan desentralisasi yang mendorong sekolah untuk mengambil keputusan secara transparan, akuntabel dan partisipatif dengan melibatkan warga sekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat. MBS adalah solusi untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kerjasama semua pihak mulai dari kepala sekolah, guru, orangtua, dan stackholder lainnya, sarana prasarana, dan motivasi, konsep diri, minat serta kemandirian belajar. Dengan demikian, akan memunculkan keunggulan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga monitoring berupa evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif.  Pengumpulan data dilakukan melalui literatur online dan dari kumpulan jurnal-jurnal terakreditasi yang relevan.

References

A. Samad Usman (2014) ‘MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH’, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(1), pp. 13–31.
Abdullah, H. (2017) ‘Peranan manajemen sumberdaya manusia dalam organisasi’, Warta Dharmawangsa, 51.
Alyusfitri, R. (2020) ‘THE ROLE OF MOTIVATION AND CREATIVITY OF SD STUDENTS IN ONLINE LEARNING IN THE PANDEMIC TIME COVID 19’, Jurnal CERDAS Proklamator, 8(2), p. 2020.
Ana Widyastuti, dkk. (2020) Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Perencanaan.
Arcaro, S. J. (2009) Pendidikan Berbasis Mutu, Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Jakarta: Riene Cipta.
As-Tsauri, M. S., Rochman, C., & Maslani, M. (2021) ‘Tantangan Guru Sekolah Dasar Dalam Memahami Capaian Komponen Manajemen Sekolah’, al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), pp. 55–64.
Asbin Pasaribu (2017) ‘IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL DI MADRASAH’, Jurnal EduTech, 3(1).
Dasor, Y. W. (2018) ‘IMPLEMENTASI GOOD GOVERNANCE DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH’, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), pp. 172–183.
Desi Ratnasari (2020) ‘IKLIM BELAJAR DEMOKRATIS DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR’, Jurnal BELAINDIKA, 2(3), p. 2020.
Hendrizal (2020) ‘PROBLEMS OF BASIC STUDENTS ’LEARNING INTEREST AND SOLUTIONS’, Jurnal CERDAS Proklamator, 8(2), pp. 86–97.
Muhammad Yunus (2016) ‘PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN’, Lentera Pendidikan, 19(1), pp. 112–128.
Rizka Azhara (2022) ‘PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH’, Management of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), pp. 15–21.
Rusdi Kurnia (2016) ‘KONSEP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) DAN IMPLEMENTASINYA’, FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2(2), p. 2016.
Setyaningsih, R., Suci, A. N., & Puspasari, F. A. (2021) ‘Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi di SMP Islam Al-Azhar 37 Pekanbaru)’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1), pp. 18–23.
Sri Rahayu, E. B. Y. K. B. A. N. S. (2018) ‘Gagasan Model Pembelajaran Mobile – Nos Untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa’, 6(1).
Suryani, I. (2021) ‘Implementasi Kebijakan Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), pp. 65–82.
Umam, M. K. (2020) ‘Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam’, Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam VolumeKependidikan Dan Syariah, 8(1), pp. 61–74.
Usiono, R. W. (2021) ‘Evaluasi Peningkatan Mutu Sekolah Melalui Pengembangan Profesionalisme Guru’, Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, pp. 55–65.
Published
2022-07-08
Section
Articles Jurnal Cerdas Proklamator