PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 15 ULAK KARANG PADANG

Authors

  • Erman Har Universitas Bung Hatta
  • Welya Roza Universitas Bung Hatta
  • Wince Hendri Universitas Bung Hatta

Keywords:

Learning models, CTL, learning outcomes, science subjects

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan mengunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode konvensional di SDN 15 Ulak Karang Padang dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Penelitian ini menggunakan populasi dari seluruh siswa SDN 15 Ulak Karang Padang yang terdiri dari empat kelas. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sedangkan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik random. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk memperoleh data berupa lembaran tes dan lembaran pengamatan aspek afektif dan psikomotor. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji-t dimana Nilai t yang diperoleh yaitu thitung= 4,04 dan ttabel= 2,00 pada taraf kepercayaan ?=0,05. Hasil belajar nilai  rata-rata aspek kognitif kelas  eksperimen adalah 82,60 dan kelas  kontrol adalah 70,79. Untuk aspek afektif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,27 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,53 dan aspek psikomotor dengan rata-rata nilai eksperimen 78,24 dan pada kelas kontrol 68,46. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.

ASTUTI, F. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi aritmatika sosial kelas vii smp negeri 2 ngantru.

ANTIKA, D. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas x-6 sma negeri 7 malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mujiono.2009.Belajar dan Pe mbelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Harun, S. (2021). penerapan model pembelajaran contex tual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbu han siswa kelas xi ipa 2 man1 banda aceh. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 2(2), 197-204.

Haya, A. F., Sinaga, C., Zebua, D. P. A., Sinaga, E. M., Ayu, I., Ariati, J. T., ... & Syahbana, T. A. upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi getaran, gelombang, dan bunyi kelas viii smp negeri 6 percut sei tuan tahun ajaran 2021/2022.

Jumiati, A. (2020). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. : Journal of Applied, Social, and Education Studies, 1(2).

Kartikawati, Y. A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).

Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).

Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Mulyadi, M., & Julianto, T. (2018). MATERI BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) PADA SISWA DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Khazanah Pendidikan, 11(2).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.

Rukajat, A. (2019). Pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).

Sari, Nina. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Media Gambar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X1 SMA Negeri 12 Padang. Skripsi. PMIPA: UBH.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Theresia, J. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan.

Utami, R. P., & Saputri, F. N. A. D. (2014, December). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII a Di SMP Ali Maksum YOGYAKARTA. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 1).

Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18.

Downloads

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator