MASALAH MINAT BELAJAR MURID SEKOLAH DASAR DAN SOLUSINYA

Authors

  • hendrizal hendrizal Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.62

Keywords:

minat, belajar, murid, sekolah dasar, solusi.

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengulas masalah minat belajar murid sekolah dasar dan solusinya. Hal ini dengan tujuan memberi wawasan kepada para pihak yang berkiprah di dunia pendidikan untuk semakin memahami: hakikat belajar dan keberhasilannya; aspek-aspek yang mempengaruhi peningkatan minat belajar siswa; strategi menumbuhkan minat belajar siswa. Diketahui bahwa dalam belajar yang terpenting adalah proses, bukan hasil yang diperoleh. Artinya, belajar harus diperoleh dengan usaha sendiri, adapun orang lain itu hanya sebagai perantara atau penunjang agar belajar itu dapat berhasil baik. Di sinilah pentingnya minat belajar dari sang pembelajar. Sementara aspek-aspek yang dapat meningkatkan minat belajar pada siswa adalah: peranan guru, sumber belajar, keluarga dan sekolah. Beberapa strategi untuk menumbuhkan minat belajar siswa yakni: menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik, pemberian hadiah dan pujian, membangkitkan dorongan belajar kepada peserta didik, membantu kesulitan belajar peserta didik, dan menggunakan media yang baik serta sesuai dengan tujuan pembelajaran. Disarankan agar insan pendidikan dapat menerapkan pengetahuan tentang minat belajar murid sekolah dasar dalam kegiatan pembelajaran.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2000. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ananda, Azwar dan Hendrizal. 2018. Perbandingan Sistem Pendidikan Antarnegara. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2010. Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Hendrizal. 2015. Kajian Psikologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Padang: Bung Hatta University Press.
Hendrizal. 2016a. “Menganalisis Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Ekotrans, Volume 16, Nomor 2, Januari 2016, halaman 17-25, ISSN: 1411-4615, Prodi Ekonomi & Sosial LPPM Universitas Ekasakti, Padang.
Hendrizal. 2016b. “Mewujudkan Profesionalisme Guru di Indonesia.” Dalam buku Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SEMDIK) Profesi Guru Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), terbitan FKIP Universitas Bung Hatta, Padang, 24 September 2016, halaman 188-199, ISBN: 978-602-60289-0-7.
Hendrizal. 2018. Mengulas Masalah Pendidikan. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
Hendrizal. 2019. Mengupas Problema Kependidikan. Padang: LPPM Universitas Bung Hatta.
Hernawan, Asep Herry, dkk. 2009. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Cetakan ke-12. Jakarta: Universitas Terbuka.
Majalah MUTU, edisi April - Juni 1997.
Majalah MUTU, edisi Januari - Maret 1999.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mikarsa, Hera Lestari, Agus Taufik, dan Puji Lestari Prianto. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saidihardjo. 2004. Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: PPs UNY.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Ahman, dan Ayi Novi Jami’at. 2009. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar. Bandung: Maestro.
Suprayekti, dkk. 2009. Pembaharuan Pembelajaran di SD. Cetakan ke-11. Jakarta: Universitas Terbuka.
Umaedi, Hadiyanto, dan Siswantari. 2015. Manajemen Berbasis Sekolah. Cetakan ke-18. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wahyudin, Dinn, Supriadi, dan Ishak Abdulhak. 2007. Pengantar Pendidikan. Cetakan ke-20. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I.G.A.K., dkk. 2009. Perspektif Pendidikan SD. Cetakan ke-5. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-12-29

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator