THE USE OF FRACTION CARD MEDIA TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES OF GRADE 3 STUDENTS OF YPK ERMASU MERAUKE ELEMENTARY SCHOOL

Penulis

  • Ida Babangan Universitas Musamus Merauke
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Masamus Merauke
  • Sonya Lamera SD YPK Ermasu Merauke

Kata Kunci:

Keywords: fraction cards, math learning outcomes, grade 3 students

Abstrak

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 SD YPK Ermasu Merauke dengan menggunakan media kartu pecahan. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 24 siswa kelas 3 sebagai partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu pecahan membawa dampak positif terhadap pemahaman siswa tentang pecahan.  Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata siswa dari 66,08 pada pra-siklus menjadi 80,07 pada Siklus II. Selain itu, persentase siswa yang mencapai KKM juga meningkat dari 63% pada Siklus I menjadi 92% pada Siklus I. Selain itu, siswa juga menunjukkan minat dan partisipasi yang lebih tinggi dalam pembelajaran saat menggunakan media kartu pecahan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media kartu pecahan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep pecahan di kelas 3 SD YPK Ermasu Merauke. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian dengan sampel yang lebih besar dan melibatkan variasi media pembelajaran lainnya untuk memperluas pemahaman siswa tentang konsep matematika lainnya.

Kata kunci: kartu pecahan, hasil belajar matematika, siswa kelas 3 SD.

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Khilda, F., Kartinah, & Khotijah, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan Sederhana Menggunakan Media Kartu Pecahan Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Pada Siswa Kelas II SD Negeri 3 Jebol. Semarang: Seminar Nasional PPG UPGRIS, 549-560

Geanartaroayna, L. (2022). Komparasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Penerapan Media Pembelajaran Kartu Pecahan pada Siswa Kelas 3 di MIN 2 Kota Madiun (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Meric, A. (2023). Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(4), 607-618. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i4.3303

Mariati. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Tentang Pecahan Melalui Penggunaan Media Alat Peraga di SDN 14 Banyuasin. Scholastica Journal: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar dan Pendidikan Dasar. Diakses dari https://journal.unpgri-palembang.ac.id/index.php/jpsd/article/view/2119

Aida, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match pada Siswa Kelas III SDN Benteng Seberang Kecamatan Pengaron Kabupaten Banjar. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Keagamaan, 7(1). Diakses dari http://ojs.iai-darussalam.ac.id/index.php/tarbiyah

Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Purbalingga: Eureka Media Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator