PELAKSANAAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KENAGARIAN KAPAU KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Penulis

  • Gusnetti Gusnetti Universitas Bung Hatta
  • Yetty Morelent Universitas Bung Hatta
  • Usmeldi Usmeldi Universitas Negeri Padang
  • Azmi Nandra Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.134

Kata Kunci:

Pendidikan, Sekolah Dasar, Nagari Kapau

Abstrak

 Kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang  Kabupaten Agam terdiri dari 3 sidang yaitu sidang Induring, sidang Pandan Basasak dan sidang Pasia Parak Maru.  Masing-masing siding memiliki satu Sekolah Dasar.   SD 01 terletak di siding Pandan Basasak, SD 07 terletak di Sidang Induring dan SDNegeri 21 terletak di Sidang Pasia Parak Maru.  Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan pendidikan Sekolah Dasar yang ada di Kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Meode penelitian yaitu, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan kepala sekolah sangat baik, iklim sekolah sagat baik, kinerja  guru sangat baikkepengawasan sekolah kategori baik, partisipasi orang tua kategori baik.Simpulan ditemukan adalah bahwa pelaksanaan pendidikan di sekolah Dasar di Kenagaraian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang berjalan dengan baik.

Referensi

Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang

Dewi, W. A. F.,( 2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55-61.

Djamarah, Bahr, S. & Zain, A., 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Menteri Pendidikan.(2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mistrianingsih, Siti. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 11-21

Ningrum, Elwien Sulistya & Yusuf Sobri. (2015) . Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. . Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 111-121

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-12.

Purwanto, A. dkk.(2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Artikel Luaran KKN BMC Unnes 2020 Desa Pegandon | 7 COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-11.

Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang

Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Permendikbud No. 6 Tahun 2019, Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
Pasal 2 ayat (18) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.
Pasal 2 ayat (4) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Sekolah Dasar yang selanjutnya disingkat SD, adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.
https://www.kompasiana.com/kristinakalaiyo3396/61b5f36475ead611cc50c145/peluang-yang-disediakan-oleh-tik-untuk-mengajar-dan-belajar-di-sekolah-dasar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-24

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator