INOVASI PEMBELAJARAN MEMBACA PADA SISWA PENDIDIKAN DASAR MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.139Kata Kunci:
model pembelajaran group investigation, hasil belajar bahasa Indonesia, membacaAbstrak
Inovasi pengajaran membaca siswa pendidikan dasar perlu dikenalkan dengan penggunaan group investigation, khusunya pada kelas tinggi yaitu kelas V SD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation khususnya terhadap hasil belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Alai Padang. Teori yang digunakan adalah teori Shoimin (2014) tentang model pembelajaran group investigation, Sudjana (2016) tentang hasil belajar dan Widianto (2015) tentang membaca. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Desain dilakukan melalui pretest-posttest control group design. Populasinya adalah siswa kelas V A dan siswa kelas V B pada SD Negeri 03 Alai Padang. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan 28 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan 27 siswa, karena kedua kelas homogen maka teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Nilai rata-rata kedua kelas sebelum perlakuan (pretest) pada kelas VA adalah 73,25 dan kelas V.B adalah 72,40. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar membaca mata pelajaran bahasa Indonesia ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir (posttest) dalam bentuk objektif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal. Nilai hasil pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan model group investigation dan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 87,28, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 82,25. Dapat disimpulkan bahwa model group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VA SD Negeri 03 Alai Padang.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Resmini, Novi dan Juanda. 2008. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Subana, dkk. 2015. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Sudjana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Widanto, Eko dan Subyantoro. 2015. “ Peningkatan Keterampilan Membaca Teks Klasifikasi Menggunakan Metode SQ3R dengan Media Gambar”. ISSN 2253-2622. Hlm. 2-3.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.