PEMBELAJARAN BERDIFERESIASI DAN MOTIVASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pembelajaran berdiferensiasi; Motivasi; Hasil belajar matematikaAbstrak
ABSTRAK
Salah satu nilai dan peran guru adalah menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik, yaitu pembelajaran yang memerdekakan pemikiran dan potensi peserta didik. Hal tersebut sejalan dengan pembelajaran berdiferensiasi. Salah satu filosofi pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara adalah sistem “among”, guru harus dapat menuntun kekuatan peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kodratnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 09 Kampung Melayu, dengan subjek penelitian adalah kelas V dengan jumlah peserta didik 25 orang. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan (menyusun RPP, perangkat pembelajaran, lembar observasi, dan intrumen evaluasi), pelaksanaan penelitian (penerapan pembelajaran berdiferensiasi), evaluasi (tes disetiap akhir siklus pembelajaran), dan refleksi (identifikasi kekurangan dan kelebihan pelaksanaan diakhir siklus pembelajaran). Pengumpulan data melalui lembar obervasi pada proses pembelajaran dan melalui tes evaluasi pada akhir pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I sebesar 60.15%, yang menunjukan bahwa terdapat 11 orang peserta didik memperoleh nilai di atas 75, dan 13 orang peserta didik tidak memenuhi standar ketuntasan. Kemudian pada siklus II dengan perolehan ketuntasan sebesar 85.65%, yang menunjukkan bahwa terdapat 21 orang peserta didik memenuhi standar ketuntasan, dan hanya 3 orang peserta didik yang tidak memenuhi ketuntasan minimal. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap matapelajaran matematika dapat meningkatkan motivasi hasil belajar peserta didik melalui pengklasifikasian kemampuan peserta didik, menggunakan pengembangan materi yang bervariasi sesuai kemampuan peserta didik, dan melakukan pendekatan secara individu agar peserta didik termotivasi untuk terus meningkatkan pembelajaran matematika
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Peserta didik di Kelas Inklusif. Trihayu, 2(3), 259034.
Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Peserta didik Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8.
Dewi, Y. K. (2015). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2).
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.
Ir. Jusar& M. Tivany (2021). Uji Pratikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lk Pd) Keliling Dan Luas Daerah Bangun Datar Berbasis Higher Order Thingking Skills (Hots) Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator. Vol.9, No. 2
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 8 Barabai oleh. Julak: Jurnal Pembelajaran dan Pendidik. 1(1), 89-100.
Kemmis, S. & Taggart, M. R. (1998). The Action Research Planner, (Victoria Dearcin University Press.
Lupita, L., & Hidajat, F. A. (2022). Desain Differentiated Instruction Pada Materi Statistika untuk Peserta Didik SMP: Alternatif Pembelajaran bagi Peserta didik Berbakat. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 388-400.
Magdalena, I., Yoranda, D. O., Savira, D., & Billah, S. (2021). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta didik Sekolah Dasar di SDN Sudimara 5 Ciledug. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50-59.
Mufidah, M. (2021). Perkembangan Karakter Peserta didik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1133-1146.
Nurdini, D. H. (2021). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Asaatidzah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam. 1(2), 124-138.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.