M MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nofia Henita Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Tematik terpadu; pengajaran langsung; sekolah dasar

Abstrak

Menggambarkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes hasil belajar dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. PenelitianĀ  ini dilaksanakan dengan dua siklus. Sabjek penelitian adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 12 Pahambek yang berjumlah 20 orang. Kegiatan guru pada pertemuan pertama sebesar 78% danĀ  pada siklus II sebesar 92% . Oleh karena itu, penggunaan model pengajaran langsung dapat meningkatkan proses belajar mengajar tematik yang terintegrasi di sekolah dasar.

Referensi

Anori, S.Azrisal dan Putra A. (2013). Pengaruh Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Pilar of Physics Education. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Bumi Aksara.

Azkiya, H. M. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik Terpadu denga Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas I SDIT Nurul Ikhlas Padang. JURNAL CERDAS, 145-150.

Efendi, Mohammad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: pengantar ke Arah Pemahaman KBK,KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang

Eggen, Paul dan Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir . Jakarta: Indeks.

Elkhaira, Ulfah, dan Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio di Kelas V SD. JURNAL CERDAS, 10-18.

Firda Khairati Amris, Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 2171-2180.

Junaidi, M. (2018). Model pembelajaran Langsung (Direc Instruction) Pengajaran Aktif (Good & Grows);CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif, Mastery Teaching (Hunter), dan Explicit Instructi. Jurnal Pendidikan Islam.

Kardi,S dan Nur M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sani, R. (2015). Pebelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, Y. (2018). Penerapan Model Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN 026 Sukajadi . Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta .

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-29

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator