M MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Tematik terpadu; pengajaran langsung; sekolah dasarAbstrak
Menggambarkan peningkatan hasil belajar tematik terpadu siswa dengan menggunakan model pengajaran langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa tes hasil belajar dan teknik nontes berupa observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. PenelitianĀ ini dilaksanakan dengan dua siklus. Sabjek penelitian adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 12 Pahambek yang berjumlah 20 orang. Kegiatan guru pada pertemuan pertama sebesar 78% danĀ pada siklus II sebesar 92% . Oleh karena itu, penggunaan model pengajaran langsung dapat meningkatkan proses belajar mengajar tematik yang terintegrasi di sekolah dasar.
Referensi
Anori, S.Azrisal dan Putra A. (2013). Pengaruh Elektronik dalam Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas X SMAN 1 Lubuk Pilar of Physics Education. Padang: FMIPA Universitas Negeri Padang.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Sebagai Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: Bumi Aksara.
Azkiya, H. M. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik Terpadu denga Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas I SDIT Nurul Ikhlas Padang. JURNAL CERDAS, 145-150.
Efendi, Mohammad. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran: pengantar ke Arah Pemahaman KBK,KTSP dan SBI. Malang: FIP Universitas Negeri Malang
Eggen, Paul dan Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir . Jakarta: Indeks.
Elkhaira, Ulfah, dan Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Portofolio di Kelas V SD. JURNAL CERDAS, 10-18.
Firda Khairati Amris, Desyandri. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di sekolah dasar. JURNAL BASICEDU, 2171-2180.
Junaidi, M. (2018). Model pembelajaran Langsung (Direc Instruction) Pengajaran Aktif (Good & Grows);CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif, Mastery Teaching (Hunter), dan Explicit Instructi. Jurnal Pendidikan Islam.
Kardi,S dan Nur M. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sani, R. (2015). Pebelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sari, Y. (2018). Penerapan Model Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN 026 Sukajadi . Jurnal Ilmiah Pendidikan Eksakta .
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.