PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERWAWASAN EKOLITERASI SEBAGAI MEDIA PEMBENTUKAN KARAKETER PEDULI LINGKUNGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Romi Isnanda Universitas Bung Hatta
  • Gusnetti Gusnetti Universitas Bung Hatta
  • M Sayuti Universitas Bung Hatta
  • Syofiani Syofiani Universitas Bung Hatta
  • Rio Rinaldi Universitas Bung Hatta
  • Marsis Marsis Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.166

Kata Kunci:

learning, Indonesian, insightful, ecoliteracy

Abstrak

Artikel berisi pembahasan tentang proses pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) berwawasan ekoliterasi. Hal tersebut dilakukan atas dasar bahwa pemerintah melalui kurikulum mengimbau setiap warga negara untuk bersikap arif terhadap lingkungan. Secara konkret hal tersebut dilakukan secara terencana di setipa jenjang pendidikan, terutama di jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Analisis isi atau konten yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi pembelajaran bahasa berbasis ekoliterasi dalam bentuk pemanfaatan teks-teks berwawasan kecerdasan ekologis yang dapat berkontribusi terhadap karakter kepeduliah terhadap lingkungan Selain itu,  juga dilakukan studi pustaka yang berkaitan dengan prinsip dan strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran bahasa di Sekolah Dasar (SD). Berdasarkan pendekatan yang dilakukan, penanaman sikap peduli terhadap lingkungan di Sekolah Dasar (SD) dilakukan dengan pemanfaatan  teks-teks yang kontekstual, seperti bermuatan/isi tentang kecerdasan terhadap lingkungan. Teks yang disajikan oleh guru adalah kondisi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perilaku manusia yang tidak taat asas, seperti membuang sampah pada tempatnya. Teks yang disajikan tentunya mencerminkan keseimbangan antara narasi peristiwa dan gambar yang mencerminkan kerusakan lingkungan, seperti banjir dan tanah longsor. Pada prinsipnya, guru harus mampu mengeksplor bagaimana pentingnya menjaga lingkungan sekitar.

Referensi

Asih. 2016 Stretegi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia

As- Syukur, A.R., dkk. 2010. “Studi Perubahan Penggunaan Lahan di DAS Bandung”. Jurnal Bumi Lestari, Vol. 10. No.2.pp.200-208.

Chili, Nsizwazikhona Simon. 2014. “The Ecology of Teaching: Efficiency, Efficacy, and Effectveness of Teaching and Learning of Tourism in Tounship High Schools”. Jurnal Human Ecology (48 (2): 299-312 (2014).

Daryanto dan Suprihatin. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media.

Ermanto dan Emidar. 2018. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Depok: Rajawali Pers.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.

Harras, Kholid. 2011. “Mengembangan Potensi Anak melalui Program Literasi Keluarga”. Jurnal Artikulati Vol. 10., No. 1.

Haris, A. M., & Purnomo, E. P. (2016). Implementasi CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Agung Perdana Dalam Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan. Journal of Governance and Public Policy, 3(2), 203-225.

Isnanda, R., Azkiya, H., & Rinaldi, R. (2021). Teks Berwawasan Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran Bahasa sebagai Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 354-366.

Jeramat, E., Mulu, H., Jehadus, E., & Utami, Y. E. (2019). Penanaman sikap peduli lingkungan dan tanggung jawab melalui pembelajaran ipa pada siswa smp. Journal of Komodo Science Education, 1(02), 24-33.

Keraf, A. Sonny. 2014. Filsafat Lingkungan Hidup: Alam sebagai sebuah sistem kehidupan bersama Fritjof Capra. Yogyakarta: Kanisius

Nerizka, D., Latifah, E., & Munawwir, A. (2021). Faktor Hereditas dan Lingkungan dalam Membentuk Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Nurfirdaus, N., & Hodijah, N. (2018). Studi Tentang Peran Lingkungan Sekolah dan Pembentukan Perilaku Sosial Siswa SDN 3 Cisantana. Educator, 4(2), 113-129.

Pandikar, E. (2020). Pembelajaran IPS Meningkatkan Kemampuan Ekoliterasi Peserta Didik. Sandhyakala Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 1(2), 71-82.

Ridwan, B. (2013). Kesadaran dan tanggungjawab pelestarian lingkungan masyarakat muslim Rawa Pening Kabupaten Semarang. Inferensi: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 7(2), 321-342.

Suwandi, S., & Yunus, A. (2016). Kecerdasan ekologis dalam buku sekolah elektronik mata pelajaran bahasa Indonesia SMP. Litera, 15(1).

Suwandi, Sarwiju. 2019. Pendidikan Literasi Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan untuk Mewujudkan Marwah Bangsa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suwandi, Sarwiji dkk. 2021. Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Ekologis (Ecoliteracy), Teori Strategi Membangun Generasi Literat. Jawa Tengah: SIP.

Tamara, R. M. (2016). Peranan lingkungan sosial terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan peserta didik di SMA Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44-55.

Vozza, D. (2017). Historical Pollution and Long-Term Liability: A Global Challenge Needing an International Approach?. In Historical Pollution (pp. 423-461). Springer, Cham.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator