ANALYSIS OF APPLICATION OF LEARNING THEORY ACCORDING TO COGNITIVE FLOW IN LEARNING MATHEMATICS AT SD IN ACTIVITIES OF CAMPUS TEACHING 4
Kata Kunci:
Learning Theory, Cognitive Flow, MathematicsAbstrak
Penerapan teori belajar kognitif Jean Peaget dapat membantu siswa dalam pemerolehan dan memproses informasi yang diterima, baik dalam kehidupan maupun pada implementasi di dalam proses pembelajaran mata pelajaran matematika khusunya keterampikan numerasi. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama mendampingi mahasiswa pada program kampus mengajar 4, diperoleh gambaran situasi belajar siswa yang belum dapat memberikan pengetahuan yang cukup pada numerasi matematika, siswa kelas tinggi masih belum hafal perkalian, dan kurangnya minat siswa dalam belajar sehingga pada penelitian ini peneliti membahas bagaimana penerapan teori belajar menurut aliran kognitif dalam pembelajaran matematika di SD pada kegiatan kampus mengajar 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil Penerapan teori belajar menurut aliran kognitif pada program kampus mengajar 4 memperoleh capaian persentase keberhasilan 80% dalam meningkatkan kemampuan perkalian siswa dengan aspek perbandingan 8 dari 10 siswa. Pemberian pembelajaran tambahan mempunyai persentase keberhasilan 70% dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa dan tata ruang mempunyai persentase keberhasilan 100% untuk memberikan situasi yang nyaman saat proses pembelajaran, Keberhasilan diperoleh karena dalam implementasinya mahasiswa kampus mengajar memberikan perlakuan yang sesuai dengan tahap perkembangan usia siswa sesuai dengan saran teori belajar aspek kognitif menurut Piaget
Referensi
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana, Y. (2022). Teori Perkembangan Jean Piaget dan Vygotsky Bagaimana Implikasinya Dalam Perkembangan Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 568–582.
Amin, N. (2022). Pengembangan Kartu Matematika Guna Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. STKIP Pacitan. Diambil dari https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/939/
Dewi, F. S. P. (2022). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Menurut Teori Jean Piaget (Telaah Buku Teori Perkembangan Kognitif Jean Peaget). UIN Raden Intan Lampung. Diambil dari http://repository.radenintan.ac.id/21543/
Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. E-Tech, 7(4).
Handika, Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 22(2), 124–140. Diambil dari https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Hurit, R. U., Ahmala, M., Tahrim, T., Suwarno, Chasanah, U., Rispatiningsih, D. M., … Jannah, R. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains.
Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Engineering and Management Science Research (JIEMAR), 1(2), 286–293. Diambil dari https://journals.indexcopernicus.com/search/article?articleId=2661032
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. GLN Kemdikbud. Jakarta Timur: GLN Kemdikbud. Diambil dari https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’?: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116–152. Diambil dari https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika Sd Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 69–79. Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3574
Nila, N., & Nurjanah, S. (2021). Implementasi Teori Kognitif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Di Kelas 5. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(2), 47–50. Diambil dari https://doi.org/10.30599/jemari.v3i2.825
Nurhadi. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 77–95.
Nuryadi, Purwoko, R. Y., Rumasoreng, M. I., & Astuti, E. P. (2020). Model Pembelajaran Matematika berbasis Etnomatematika Berorientasi pada Kemampuan Numerasi. Yogyakarta: K-Media. Diambil dari https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Rizki, nurul dwi, Latjuba, ade yolanda, & Masdiana. (2019). Pendidikan Anak dalam Les Recres Du Petit Nicolas Karya Rene Goscinny dan Jean-Jacques Sempe. Jurnal Ilmu Budaya, 7(1), 43–60. Diambil dari https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/12/5.-Mona-Anju-Sansena-Penerapan-Proses-Belajar-Matematika-Sesuai-Dengan-Teori-Perkembangan-Kognitif-Jean-Piaget.pdf
Sansena, M. A. (2022). Penerapan Proses Belajar Matematika Sesiao dengan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. DIAN WIDYA: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Kependidikan, 6(4), 39–46. Diambil dari https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2022/12/5.-Mona-Anju-Sansena-Penerapan-Proses-Belajar-Matematika-Sesuai-Dengan-Teori-Perkembangan-Kognitif-Jean-Piaget.pdf
Sidik, F. (2020). Actualization of the Jean Piaget Cognitive Development Theory in Learning. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(6), 1106–1111. Diambil dari https://doi.org/10.33578/pjr.v4i6.8055
Wisman, Y. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215. Diambil dari https://doi.org/10.37304/jikt.v11i1.88
Yunarti, T., & Amanda, A. (2022). Pentingnya Kemampuan Numerasi Bagi Siswa. In PROSIDING SINAPMASAGI (Vol. 2, hal. 44–48).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.