IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM) TERHADAP INDIKATOR KERJA UTAMA (IKU) PERGURUAN TINGGI
Kata Kunci:
Kata Kunci: Implementasi, kebijakan, indikator kinerja utama (IKU).Abstrak
Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana diatur dalam Kepmendikbud Nomor 3/M2021 tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pedidikan Tinggi di Kemendikbud Ristek bertujuan untuk membangun dan melaksanakan sistem pempelajaran kolaboratif dengan perolehan pengalaman riil. Dari penelitian pada Prodi Pendidikan Guru Sejolah Dasar (PGSD), selain pelaksanaannya belum optimal, maka dengan kriteria evaluasi dan formula penilaian berdasarkan metode pembelajaran case methode dan team base project ternyata hasilnya masih rendah, masih banyak dosen yang menggunakan metode ceramah, namun ketertarikan mahasiswa pada penbelajaran dengan metode kolaboratif dan partisipatif sangat tinggi sebagaimana ditunjukkan oleh perilaku belajar mahasiswa yang demikian aktif dan partisipatif dalam memecahkan masalah.
Kata Kunci: Implementasi, kebijakan, indikator kinerja utama (IKU).
Referensi
Abidah, dkk (2020), The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and its Relation to the Philosopy of “Merdeka Belajar”, Studies in Philosopy of Science and Education, vol. 1, no. 1, hlm 38-49
Arikunto, S. (2010), Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi), Jakarta: Rineka Cipta
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Elhami (2019), Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Higher of Think Mahasiswa Berbasis Kampus Merdeka, EduPsyCouns: Journal of Education Psyhcology and Counseling, vol. 1, no. 1, hlm, 79-86
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala Yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.
Fadhil (2020), Analisis Merdeka Belajar Ala Kemahasiswaan (Niteni, Niroke, Nambahi), pada Proses Belajar dan Mengajar Bahasa Inggris (K-13) di Kelas XI MAN 1 Yogyakarta, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Sleman, 7 Maret 2020
Izza, dkk, (2020), Studi Literatur Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Proseding Seminar Nasional Konferensi Ilmiah Pendidikan 2020. Universitas Pekalongan, 27 Februari 2020
Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan, (2021). Panduan Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi
Rangkuti, A.N, (2016), Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi Batu Sangkar International Conference I, IAIN Batusangkar Sumatra Barat, 15-16 Oktober, (pp, 141-152)
Rasyidin, (2015), Belajar Mudah Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung, Alfabeta
Sembiring, V, Rahayu, N., Tarigan, E (2020), Persepsi dan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Program Magang di Industri Pariwisata Luar Negeri (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi Pariwisata di Jakarta), Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25 (3), 201-214, doi:10,30647/jip,v25i3,1419
Slameto, Wardani, N. S. Kristin, E, (2016), Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Riset Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Aras Tinggi, Prosiding Konser Karya Ilmiah Nasional, Fakultas Pertanian dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana, 2 Agustus (pp, 213-227)
Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).
Tohir, M. (2020) Merdeka Belajar Kampus Merdeka, OSF Preprints, doi: 10.31219/osf.io/svBwq
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.