PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KENAGARIAN KAPAU KECAMATAN TILATANG KAMANG KABUPATEN AGAM

Penulis

  • Gusnetti Universitas Bung Hatta
  • Naini Universitas Bung Hatta
  • Olin Nita Universitas Bung Hatta
  • Muslim Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

PERAN ORANG TUA, PPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Abstrak

Orang tua adalah guru pertama  dalam mendidik anak dalam rumah tangga. Setelah anak masuk sekolah, baru guru secara formal dalam memberikan ilmu, pendidikan dan pengajaran  kepada anak didik.  Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  peran orang tuan dalam pendidikam anak Sekolah Dasar. Di Kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. . Metode penelitian dengan melaksanakan survey dengan memberikan angket  kepada  orang tua yang anak mereka  belajar di 3 Sekolah Dasar di Kenagarian Kapau.  Penelitian dilakukan tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2021.  Dari 21 item angket yang diberikan  menunjukkan bahwa 16 angket menunjukkan kategori baik, 5 angket yang menunjukkan kategori cukup.  Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa partisipasi orang tuan  dalam pendidikan anak Sekolah Dasar di kenagarian Kapau Kecamatan Tilatang Kamang  termasuk kategori baik.

Referensi

Gusnetti dkk. (202). Pelaksanaan Pendidikan Sekolah Dasar di Kenagarian Kapau

Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Jurnal Cerdas Prokamator.

Volume 10 (2022)

.

Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang

Dewi, W. A. F.,( 2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), pp. 55-61.

Djamarah, Bahr, S. & Zain, A., 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Menteri Pendidikan.(2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Corona Virus (COVID-19), Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mistrianingsih, Siti. (2015). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 11-21

Ningrum, Elwien Sulistya & Yusuf Sobri. (2015) . Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. . Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 24 no.5 halaman 111-121

Purwanto, A. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-12.

Purwanto, A. dkk.(2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Artikel Luaran KKN BMC Unnes 2020 Desa Pegandon | 7 COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), pp. 1-11.

Santoso, Jarot Tri Bowo dkk. (2020). Pendampingan Belajar dari Rumah Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal . Semarang: Universitas Negeri Semarang

Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permendikbud No. 6 Tahun 2019, Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Pasal 1 ayat (2) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Pasal 2 ayat (18) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orang tua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan.

Pasal 2 ayat (4) Permendikbud Nomor 6 Tahun 2019 tentang Sekolah Dasar yang selanjutnya disingkat SD, adalah salah satu bentuk Satuan Pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan umum pada jenjang pendidikan dasar.

https://www.kompasiana.com/kristinakalaiyo3396/61b5f36475ead611cc50c145/peluang-yang-disediakan-oleh-tik-untuk-mengajar-dan-belajar-di-sekolah-dasar

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-29

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator