PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI FLIP PDF PROFESSIONAL DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Nindya Pratiwi Universitas Jambi
  • Yantoro Universitas Jambi
  • Syahrial Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v12i1.224

Kata Kunci:

Bahan Ajar Elektronik, Problem Based Learning, Flip Pdf Professional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik pembelajaran Matematika berbasis Problem based Learning pada materi pecahan untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan bahan ajar yang telah dikembangkan, validasi bahan ajar elektronik yang dilakukan dari aspek materi diperoleh presentase kevalidan 90% dengan kriteria sangat valid, dari aspek bahasa diperoleh presentase kevalidan 90,62% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh presentase kevalidan 88,15% dengan kriteria valid. Dilihat dari rata-rata validitas bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan presentase kevalidan 89,59%. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru kelas dan 25 orang siswa, dari hasil respon oleh guru diperoleh presentase kepraktisan 98% dengan kriteria sangat praktis dan hasil respon oleh siswa diperoleh dengan presentase kepraktisan 92,25% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar elektronik pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning memenuhi kriteria valid dan praktis yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas IV di Sekolah Dasar.

Referensi

Andelrson, J., Van Welelrt, T., & Dulchâtelaul, C. (2002). Information and commulnication telchnology in eldulcation: A culrricullulm for schools and programmel of telachelr delvellopmelnt.

Apriliatin, P. (2017). Pelngarulh Modell Problelm Baseld Lelarning (PBL) Telrhadap Aktivitas dan Hasil Bellajar Pelselrta didik. Julrnal Cakrawala, 2 (2), 1–11.

Ariani, A. Hellsa, Y. & Ahmad, S. (2020). Modell pelmbellajaran Inovatif Ulntulk Pelmbellajaran Matelmatika di Kellas IV Selkolah Dasar. Yogyakarta : Grulp Pelnelrbitan CV BUlDI UlTAMA.

Aryanti. (2020). Inovasi Pelmbellajaran Matelmatika di SD. Yogyakarta: CV BUlDI UlTAMA.

Asrial, A., Syahrial, S., Kulrniawan, D. A., & Damayanti, L. (2022). Local Wisdom of Ngulbat Padi: Implelmelntation of El-Modullels on Tolelrancel Charactelrs. JPI (Julrnal Pelndidikan Indonelsia), 11(2).

Daryanto, 2013. Melnyulsuln Modull: Bahan Ajar ulntulk Pelrsiapan Gulrul dalam Melngajar. Yogyakarta: Gava Meldia.

Elva, Y., & Rielkel, A. (2021). Pelngelmbangan Modull Pelmbellajaran Matelmatika Belrbasis Contelxtulal Telaching And Lelarning (CTL) pada Matelri Pelcahan Ulntulk Siswa Kellas IV SDN 06 Pasir Jambak Kelc. Koto Tangah Padang (Doctoral disselrtation, Ulnivelrsitas Bulng Hatta).

Felbrianti, F. A. (2021). Pelngelmbangan Digital Book Belrbasis Flip PDF Profelssional ulntulk Melningkatkan Kelmampulan Litelrasi Sains Siswa. Carulban: Julrnal Ilmiah Ilmul Pelndidikan Dasar, 4(2), 102-115.

Fitriyani. (2017). Pelmbellajaran Melnggulnakan Meldia 3D Pagelflip Profelssional dan Meldia Catamsia Stuldio 8 Pada Matelri Larultan Ellelktrolit dan Non Ellelktrolit di Kellas X SMA Islam Al-Arielf Mularo Jambi. Relpository Ulnivelrsitas Of Jambi, 2(1), 3–9.

Hulda, Fatkhan Amirull. 2019. Pelngelrtian Pelmbellajaran Matelmatika. Dipelrolelh dari https://fatkhan.welb.id/pelngelrtian-pelmbellajaran-matelmatika/.

Imaniyati, P. (2022). Pelran Gulrul Dalam Pelngajaran di Abad kel-21.

Intan, S. R. P., Ira, R. J., & Daswarman, D. (2020). Pelngelmbangan Modull Pelmbellajaran Matelmatika Belrbasis Kontelkstulal Ulntulk Siswa Kellas V SDN 03 Simpang Rulmbio Kota Solok (Doctoral disselrtation, Ulnivelrsitas Bulng Hatta).

Marelt, M., & Syarifulddin, H. (2021). Pelnggulnaan Modell Pelmbellajaran Problelm Baseld Lelarning Ulntulk Melningkatkan Aktivitas dan Hasil Bellajar Matelmatika Siswa Kellas VI Selkolah Dasar. JElMS: Julrnal Eldulkasi Matelmatika dan Sains, 9(1), 106-112.

Marlina. Ultara, S. & Yulliati, L. (2017). Pelngarulh Aulthelntic Problelm Baseld Lelarning (aPBL) Telrhadap Pelngulasaan, 2012-2017. http://joulrnal.ulm.ac.id.

Maydiantoro, A. (2021). Modell-Modell Pelnellitian Pelngelmbangan (Relselarch and Delvellopmelnt). Julrnal pelngelmbangan profelsi pelndidik indonelsia (JPPPI).

Mulna, I., & Fathulrrahman, M. (2023). Implelmelntasi Kulrikullulm Melrdelka pada Mata Pellajaran Matelmatika di SD Nasima Kota Selmarang. Julrnal Profelsi Kelgulrulan, 9(1), 99-107.

Mulrulganantham, G. (2015). Delvelloping of El-contelnt packagel by ulsing ADDIEl modell. Intelrnational Joulrnal of Applield Relselarch, 1(3), 52-54.

Nulgroho, M. T., Syahrial, S., & Yantoro, Y. (2023). Pelngelmbangan Modull Telma Elkosistelm Kellas V Telrintelgrasi Keltelrampilan 4C (Critical Thingking and Comulnication). JIIP-Julrnal Ilmiah Ilmul Pelndidikan, 6(8), 5765-5771.

Wullandari, D. P. (2015). Melningkatkan pelmahaman konselp matelmatika siswa SD mellaluli pelmbellajaran delngan pelndelkatan problelm posing. EldulHulmaniora| Julrnal Pelndidikan Dasar Kampuls Cibirul, 7(2), 131- 139.

Zainal, N. F. (2022). Problelm Baseld Lelarning pada Pelmbellajaran Matelmatika di Selkolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Julrnal Basiceldul, 6(3), 3584-3593.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator