ANALISIS IMPLEMENTASI RENCANA STRATEGIS SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH PENGGERAK

Penulis

  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta
  • Fitri Mulyana Universitas Negeri Padang
  • Dini Susanti Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
  • Ade Sri Madona Universitas Bung Hatta
  • Darwianis Universitas Bung Hatta

Kata Kunci:

implementasi, renstra, sekolah penggerak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyusunan, menganalisis strategi implementasi, dan menganalisis evaluasi dan implikasi implementasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan di SD Negeri 11 Lubuk Buaya Kota Padang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu: a) analisis lingkungan internal dan eksternal, b) perumusan strategi dengan perumusan sepenuhnya dilakukan oleh tim. Pada tahap implementasi perencanaan strategis, teknik atau strategi yang digunakan adalah: a) melibatkan stakeholders dengan melakukan pengumuman program di awal tahun pembelajaran, mengadakan rapat koordinasi di setiap bulan, memberikan tugas sesuai dengan bidangnya; b) memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki dengan menganggarkan biaya implementasi program dan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Pada tahap evaluasi, evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi internal dan eksternal. Adapun implikasi dari implementasi perencanaan strategis yaitu mengalami peningkatan mutu pendidikan dengan indikator: a) peningkatan proses KBM; b) peningkatan prestasi yang diraih; c) meningkatnya jumlah peserta didik d) peningkatan prosentase kelulusan; e) terpenuhinya sarana penunjang proses pembelajaran sesuai dengan SNP

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Dasar-dasar supervisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bambang, Marhijanto, Kamus lengkap bahasa indonesia, Surabaya: Terbit

Cepi, Triatna, Aan komariah, Visionary Leadership menuju sekolah Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Desi, Mulyasana, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011), h. 15.

Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM?: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Rahmi, N., Fauzi, R., Studi, P., Pendidikan, M., Pascasarjana, P., & Gresik, U. (n.d.). MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. 1–10.

Tamam, B., & Djasuli, M. (2016). Analisis Implementasi Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangkalan Tahun 2013-2018. Jurnal Pamator, 9(2), 85–94. http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator

Profil SD Negeri 11 Lubuk Buaya

Mulyasa.E. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Mulyasan, Desi, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2011.

Mohamad Nurdin, B. Uno Hamzah, belajar dengan pendekatan PAILKEM, Jakarta: Bumi Aksara,Cet ke-7, 2017.

Murniati, Manajemen Strategik : Peran Kepala Seklah Dalam Pemberdayaan, Medan: Perdana Publishing, 2000.

Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan Islam , Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2010.

Nawawi, Hadari, Manajemen Strategik Organisasi No-Profit Bidang Pemerintahan Dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Presss, 2012.

Ridwan Abdullah Sani, Isda Pramuniati, dan Anies Mucktiany, Penjaminan Mutu Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Sedarmayanti, Manajemen Strategi (Bandung: PT Refika Aditama, 2016),h.36.

Terang, 1999. Sondang P. siagian, manajemen strategik (Jakarta: Cet-10, PT Bumi aksara,2012), h.27

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator