IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA MELALUI BUDAYA SEKOLAH SEBAGAI IDENTITAS MANUSIA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Ratu Amalia Sari Ratu Universitas Jambi
  • Putri Sriwahyuni Universitas Jambi
  • Pooja Rekha Larasati Universitas Jambi
  • Rani Puspita Ayu Universitas Jambi
  • Rama Dhani Universitas Jambi

Kata Kunci:

Pancasila, Budaya, Identitas Nasional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan Pancasila sebagai identitas nasional Indonesia melalui ritual sekolah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif yang digabung dengan penelitian etnografi. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Selanjutnya, data sekunder dari penelitian ini berasal dari dokumen sekolah yang berkaitan dengan hari-hari sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan wawancara. Penelitian ini berfokus pada konsep penelitian yang berkaitan dengan analisis data, meliputi reduksi data, pengolahan data, dan interpretasi data. Hasil penelitian ini adalah revisi Pancasila yang sangat penting dalam pembentukan jati diri Indonesia dan harus dilakukan sejak awal. Semua peserta didik di SD Islam Al-Falah memiliki penghargaan dan penghayatan terhadap nilai - nilai Pancasila dan kebhinekatunggalikaan, sehingga nilai - nilai tersebut dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari hari sebagai identitas bangsa Indonesia.

Referensi

Agustini, S. (2015). Building students character through culture school in. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 219–228.

Alfaqi, M. Z. (2016). Memahami Indonesia melalui prespektif nasionalisme, politik identitas, serta solidaritas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 28(2).

Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109-120.

Budijarto, A. (2018). Pengaruh perubahan sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Jurnal Lemhannas RI, 6(2), 5–21.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik di SD Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 137–145.

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara

Novalina, M. (2018). Di Bawah Kepak Sayap Sang Garuda: Pemahaman, Sikap dan Tindakan Fundamental Keber-Agama-An Dalam Bingkai Pancasila. Martina publisher.

Nurgiansah, T. H., & Al Muchtar, S. (2018, November). Development of Student Awareness through Student Learning Model Jurisprudential in Citizenship Education. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018) (pp. 666-670). Atlantis Press.

Nurgiansah, T. H. (2020). Fenomena Prostitusi Online Di Kota Yogyakarta Dalam Persfektif Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab. Jurnal Kewarganegaraan, 17(1), 27.

Prayitno, & B. (2014). Pendidikan Karakter dalam pembangunan bangsa. Universitas Negeri Medan.

Siregar, C. (2014). Pancasila, keadilan sosial, dan persatuan Indonesia. Humaniora, 5(1), 107–112.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan implementasi kurikulum 2013 di sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Savitri, A. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan di Era Globalisasi. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 165-176.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1).

Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal KELUARGA Vol, 5(2).

Wiratmaja, I. N., Suacana, I. W. G., & Sudana, I. W. (2021). Penggalian nilai-nilai pancasila berbasis kearifan lokal bali dalam rangka penguatan wawasan kebangsaan. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1(1), 43–52

Wardani, K. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di SD Negeri Taji Prambanan Klaten. Seminar Nasional” Konservasi Dan Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia, 22.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator