THE INFLUENCE OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA, ANIMATED VIDEOS, ON STUDENTS’ LEARNING INTERENST IN WATER CYCLE MATERIAL FOR CLASS V SD NEGERI 32 PALEMBANG
Kata Kunci:
Keywords: Animation Video Interactive Media, Interest in LearningAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran iteraktif video
animasi terhadap minat belajar siswa pada materi siklus air kelas V SD Negeri 32
Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan
bentuk desain penelitian Design the Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 32 Palembang dengan jumlah siswa 46 siswa.
Sampel penelitian ini adalah kelas V.Asebagai Kelas eksperimen dan Kelas V.B sebagai
kelas kontrol, dimana kelas V.Asebanyak 22 siswa dan kelas V.B sebanyak 25 siswa
dengan teknik yang digunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan uji-t (Independent Sample T- Test). Dari hasil penglahan data penelitian
dengan menggunakan aplikasi SPSS 26 diperoleh nilai thitung = 4,333 dan nilai ttabel =
1,680 dengan ? = 0,05 dan df = 44, dengan demikian thitung = 4,333 > ttabel = 1.680.
sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan
Ha diterima atau ada pengaruh media pembelajaran interaktifvideo animasi tehadap minat
belajar siswa pada materi siklus air kelas V SD Negeri 32 Palembang.
Kata Kunci: Media Interaktif Video Animasi, Minat Belajar
Referensi
Amanda, O. F. R., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Media Rasi (Diorama SiklusAir)
Pada Mata Pelajaran IPA Materi SiklusAir Siswa Kelas V Sekolah Dasar Abstrak.
Jpgsd, 10, 1629–1639.
Amiruddin. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD
pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan
Dan Konseling, 4, 1349–1358
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.
Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran, 4(1),80
https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Dewi, M. P., & Taufina, T. (2020). Analisis Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV
SD Terhadap Standar Isi Kurikulum 2013. School Education Journal Pgsd Fip
Unimed, 10(1), 50.https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18558
Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran
Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan,
(1), 24–31. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.959
Gunawan., & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0..Raja
Grafindo Persada.
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., &Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In
Tahta Media Group.
Japar, Muh Idris., Sudirman., Muliadi., B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif
Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD Di Kabupaten Pangkajene
Dan Kepulauan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3).
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar
di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73– 80.
https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio
Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.
JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education),3(1),46.
https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127
Prihandini, K. L., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru
terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kepegawaian di
Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal PendidikanTambusai, 6, 13273–13284.
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam PenelitianPendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–
https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020).Pengembangan Video Edukasi Kartun
Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP:
Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.