THE INFLUENCE OF INTERACTIVE LEARNING MEDIA, ANIMATED VIDEOS, ON STUDENTS’ LEARNING INTERENST IN WATER CYCLE MATERIAL FOR CLASS V SD NEGERI 32 PALEMBANG

Penulis

  • Fitri Yoda Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Mega Kusuma Putri Universitas PGRI Palembang

Kata Kunci:

Keywords: Animation Video Interactive Media, Interest in Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran iteraktif video
animasi terhadap minat belajar siswa pada materi siklus air kelas V SD Negeri 32
Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan
bentuk desain penelitian Design the Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 32 Palembang dengan jumlah siswa 46 siswa.
Sampel penelitian ini adalah kelas V.Asebagai Kelas eksperimen dan Kelas V.B sebagai
kelas kontrol, dimana kelas V.Asebanyak 22 siswa dan kelas V.B sebanyak 25 siswa
dengan teknik yang digunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner (angket), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan uji-t (Independent Sample T- Test). Dari hasil penglahan data penelitian
dengan menggunakan aplikasi SPSS 26 diperoleh nilai thitung = 4,333 dan nilai ttabel =
1,680 dengan ? = 0,05 dan df = 44, dengan demikian thitung = 4,333 > ttabel = 1.680.
sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan
Ha diterima atau ada pengaruh media pembelajaran interaktifvideo animasi tehadap minat
belajar siswa pada materi siklus air kelas V SD Negeri 32 Palembang.
Kata Kunci: Media Interaktif Video Animasi, Minat Belajar

Referensi

Amanda, O. F. R., & Istianah, F. (2022). Pengembangan Media Rasi (Diorama SiklusAir)

Pada Mata Pelajaran IPA Materi SiklusAir Siswa Kelas V Sekolah Dasar Abstrak.

Jpgsd, 10, 1629–1639.

Amiruddin. (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Pemahaman Siswa SD

pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pendidikan

Dan Konseling, 4, 1349–1358

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.

Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran, 4(1),80

https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Dewi, M. P., & Taufina, T. (2020). Analisis Kesesuaian Materi IPA Buku Siswa Kelas IV

SD Terhadap Standar Isi Kurikulum 2013. School Education Journal Pgsd Fip

Unimed, 10(1), 50.https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i1.18558

Fatmawati, E., Karmin, K., & Sulistiyawati, R. S. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran

Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan,

(1), 24–31. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.959

Gunawan., & Ritonga, A. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0..Raja

Grafindo Persada.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., &Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In

Tahta Media Group.

Japar, Muh Idris., Sudirman., Muliadi., B. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif

Animasi Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SD Di Kabupaten Pangkajene

Dan Kepulauan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11(3).

Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar

di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73– 80.

https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081

Novita, L., & Novianty, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio

Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar Subtema Benda Tunggal Dan Campuran.

JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education),3(1),46.

https://doi.org/10.30587/jtiee.v3i1.1127

Prihandini, K. L., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru

terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kepegawaian di

Smk Negeri 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal PendidikanTambusai, 6, 13273–13284.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam PenelitianPendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–

https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020).Pengembangan Video Edukasi Kartun

Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP:

Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator