PENGEMBANGAN MODEL PjBL BERBANTUAN MEDIA DIGITAL PADLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS KELAS IV SDN SATRIYAN 03
Kata Kunci:
Project Based Learning, media digital Padlet, literasi sainsAbstrak
Penelitian berikut bermaksud mengembangkan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media digital Padlet guna menaikkan literasi sains siswa kelas IV SDN Satriyan 03. Penelitian ini mengadaptasi jenis penelitian Research and Development (R&D) mengunaakan model Borg and Gall. Data dikumpulkan berbentuk data kualitatif dan kuantitatif, meliputi data hasil validasi ahli, data dari hasil uji coba produk, serta data hasil tes literasi sains siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dalam wawancara, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian memperlihatkan model PBL berbantuan media digital Padlet valid dan layak guna meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SDN Satriyan 03. Penggunaan model PBL berbantuan Padlet dapat membantu siswa memahami konsep-konsep sains, menerapkannya, dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari.
Referensi
Alfi Cindya. dkk, 2022. Pengembangan Media Power Point Interaktif Berbasis Animasi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual. 6 (2).
Alfi, C., Fatih, M., & Islamiyah, K. I. (2022). Peingeimbangan Meidia Poweir Point Inteiraktif Beirbasis Animasi pada Peimbeilajaran IPA. Jurnal Peindidikan Riseit & Konseipt, 6(2), 351–357.
Alfi Cindya, Devrat Satria. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dengan Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMAN 2 Malang. JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 7(4), 767-776.
Fatih, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Saintifik berbasis Multimedia melalui Model Discovery Learning (Studi pada Tema Selamatkan Mahkluk Hidup Kelas 6 SDN Kepanjenkidul 2 Kota Blitar). JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual, 2(2), 137–149.
Fatih. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Puzzle pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK dan FPB (Studi pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar). Jurnal Riset dan Konseptual. 5(2), 348-361.
Fatih, M & Alfi, C (2021). Pengembangan Monopoli Karakter Berbasis Permainan Simulasi sebagai Upaya Peningkatan Kecerdasan Sosioemosi Siswa Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual.5 (1)
Fatih Mohamad. 2023. Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar. Jurnal Riset dan Konseptual. 8(3), 551-566.
Fatih, M., Alfi, C., & Muqtafa, M. A. (2024). Science Learning Game (SLG) Based on Augmented Reality Enhances Science Literacy and Critical Thinking Students Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(2), 973–981. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i2.6107.
Komalasari, D., & Solikin, I. (2018). Penerapan Aplikasi Mading Digital Berbasis Web Pada MA. Miftahul Huda Kabupaten OKI. Jurnal Sistem Informasi (JUSIFO), 4(1), 27–36. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2443.
Nuraeni. Edy Waluyo. (2021). Pengembangan Desain Instruksional Model Project Based Learning Terintegrasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Literasi Sains. JIPI 5(1):101-111, 2021
Nurfidianty Annafi, Sry Agustuna. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Kreatifan Lokal Untuk Mempersiapkan Calon Pendidik Yang Bebudaya. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 9, No. 1, 2018, 1-10
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Penerbit Alfabet Bandung, 2016).
Titin Nuraeni, dkk. 2023. Implementasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Digital Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD. Jurnal Elementari Edukasia, Vol 6. No. 2, Juni 2023.
Yunianto, T. (2019). Flip Builder : Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidik.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.