PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN

Penulis

  • Inayah Septyani Dwi Pusparini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Prana Dwija Iswara Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Djuanda Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Metode SAS, Membaca Permulaan

Abstrak

Membaca sangat penting bagi siswa memiliki sebuah keterampilan membaca, apabila siswa telah memiliki kemampuan membaca yang bai, maka akan sangat mudah dirinya untuk memahami materi yang sedang di pelajarinya. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk  mengetahui kelayakan dari pengembangan bahan ajar digital berbasis metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk membantu siswa dalam melakukan proses pembelajaran membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE adaptasi dari Dick and Carey. data Pada penelitian ini  pengolahan data dilakukan menggunakan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan validasi dari para ahli. Hasil penilaian bahan ajar berbasis metode SAS yang dikembangkan ini menujukan bahwa nilai validasi ahli materi memperoleh nilai 97% dan ahli media 87% dengan kategori sangat valid dan layak untuk disebar luaskan. Hasil wawancara dan observasi pada uji coba bahan ajar digital ini menunjukan bahwa dari segi tampilan, warna permainan serata materi sangat menarik perhatian siswa sehingga membuat siswa sangat bersemangat dan tertarik dalam melakukan kegiatan belajar membaca. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar digital berbasis metode SAS dapat membantu siswa dalam melakukan kegiatan belajar membaca permulaan.

Referensi

Alhani, A. A. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Sas. September.

Arikarani, Y., & Amirudin, M. F. (2021). Pemanfaatan Media dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran Dimasa Pandemi. Ej, 4(1), 93–116. https://doi.org/10.37092/ej.v4i1.296

Arisandy, D., Syofiani., & Roza, W. (2023) Faktor, P., Dalam, D., Faktor, D. A. N., & Luar, D. INFLUENCE OF FACTORS FROM WITHIN AND FACTORS FROM EXTERNAL ON STUDENT INTEREST IN LEARNING PROCESS OF INDONESIAN LANGUAGE EDUCATION THEME CLASS VI AT SD IT KAUTSAR ILMI MUARO SIJUNJUNG TERHADAP MINAT SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TEMA P. 11(2), 162–168.

Baridah, W. L. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Fiqih dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar SiswaKelas IV MIN 4 Nganjuk. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Dewi, C. (2018). Penggunaan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Bahastra, 38(1), 8. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i1.8174

Fatonah, K. (2020). 10 Keterampilan Membaca Di Sd. Universitas esa unggul.

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Kusuma, D., & Makhbubah, N. (2022). Penerapan Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd. Jendela ASWAJA, 3(1), 1–7. http://download.garuda.kemdikbud.go.id

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Amalia, D. A., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis bahan ajar. 2, 311–326.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Nurfaizah AP, N. A. (2020). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam mengembangkan bahan ajar digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-27

Nusantara, D. A., Pendidikan, J., Vol, B., & Arrahmaniyah, O. S. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. 1(1).

Octaviani, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Kelas 1 Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 93. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7039

Widyaningrum, H. K., & Hasanudin, C. (2019). Kajian Kesulitan Belajar Membaca Menulis Permulaan (MMP) di Sekolah Dasar. Pedagogia?: Jurnal Pendidikan, 8(2), 189–199. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i2.2219

Yulisna, R. & Morelent, Y. (2023) IMPROVING READING SKILSS OF III CLASS STUDENTS USING COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MODEL AT SD NEGERI 29 NORTH GANTIANG PADANG. Jurnal Cerdas Proklamator. 11(2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator