PENERAPAN KUIS EDUKATIF BAAMBOOZLE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Kata Kunci: Baamboozle, Matematika, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan kuis edukatif Baamboozle dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam beberapa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket motivasi belajar, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Baamboozle secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Sebelum intervensi, sebagian besar siswa memiliki skor motivasi yang rendah hingga sedang. Namun, setelah penerapan Baamboozle, terjadi peningkatan yang signifikan pada motivasi siswa, yang terlihat dari peningkatan skor motivasi rata-rata. Faktor-faktor yang mendukung peningkatan ini antara lain interaktivitas, elemen gamifikasi, dan suasana kompetitif yang diciptakan oleh Baamboozle. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Baamboozle merupakan alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Matematika yang sering dianggap sulit. Melalui pengintegrasikan Baamboozle ke dalam pembelajaran, diharapkan dapat tercipta lingkungan belajar yang lebih dinamis, interaktif, dan menyenangkan bagi siswa, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar mereka secara keseluruhan.
Kata Kunci: Baamboozle, Matematika, Motivasi Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Referensi
Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.
Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku ajar metodologi penelitian pendidikan. Umsida Press, 1–143.
Bawaneh, A. K., & Moumene, A. B. H. (2020). Flipping the Classroom for Optimizing Undergraduate Students’ Motivation and Understanding of Medical Physics Concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(11).
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 1–13.
Dewi, T. A., & Nugraheni, N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 SD NEGERI SAMPANGAN 02. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(1), 8–12.
Eriyanto, M. G., Roesminingsih, M. V, & Soeherman, I. K. (2021). The effect of learning motivation on learning independence and learning outcomes of students in the package c equivalence program. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(4), 455–467.
Firdaus, A. R., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 184–191.
Ginting, R. F., Ramadhani, S., & Juniarti, I. (2024). Menyiasati Tantangan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(8), 10–20.
Gurning, B. F. (2024). Implementasi Aplikasi Baamboozle Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 6, 245–249.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Hanipah, A. D., Amalia, T. N., & Setiabudi, D. I. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41–51.
Hartanto, R. T., Hamidah, H., & Kusuma, J. W. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Game Based Learning dengan Quiz Game Baambloze terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 10.
Hsiao, P.-W., & Su, C.-H. (2021). A study on the impact of STEAM education for sustainable development courses and its effects on student motivation and learning. Sustainability, 13(7), 3772.
Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2).
Mclean, H. Y., Ramli, R., Sukmawati, S., Wahyudi, I., & Fadli, M. (2024). Sosialisasi Dan Edukasi Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa Pada SMP N 1 Konawe. Dinamika Sosial: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Transformasi Kesejahteraan, 1(2), 75–83.
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.
Pratiwi, D. C., Saulina, H., Yusuf, M. E., Sabilila, O. P. A., & Dewi, Y. L. (2023). PENERAPAN PERMAINAN EDUKATIF PADA PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN POLEHAN 1 KOTA MALANG. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 3(8), 4.
Rohman, A. D., & Khaliza, T. N. (2024). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS QUIZIZZ: ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINGKING SISWA DI ERA ABAD 21. Jurnal Masyarakat Berdikari Dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72–79.
Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., Rahmawati, B., Aulia, S. N., & Zainudin, Z. (2023). Isu Tentang Jumlah Siklus Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
SUTARJO, S. (2023). Mengoptimalisasikan Pendidikan Karakter Siswa Sebagai Fondasi Kebangkitan Generasi Emas 2045. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 257–262.
Syafii, A., Bahar, B., Shobicah, S., & Muharam, A. (2023). Pengukuran Indeks Mutu Pendidikan Berbasis Standar Nasional. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(7), 1697–1701.
Takdir, M. (2017). Kepomath go “penerapan konsep gamifikasi dalam pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.” Penelitian Pendidikan INSANI, 20(1), 1–6.
Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Thoriq, A. H. (2024). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Sumber Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. IAIN Ponorogo.
Ujwalita, A., Nurdianti, A. P., Novia, D. H., & Wijayanti, M. D. (n.d.). Utilization of Wordwall Learning Media to Increase Interest and Motivation of Grade 3 Students in Learning IPAS SD 6 Panjer. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3).
Verina, H. T., Mustikarani, N., Maghfiroh, S. M. N., Segara, N. B., & Wuliono, W. (2024). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT BANTUAN MEDIA BAMBOOZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3466–3476.
Widahyu, C. (2021). The Effectiveness of Using Video As a Learning Media Online Learning To Improve Students’ Learning Motivation and Creative Thinking At Home During the Covid-19 Pandemic. Learning Motivation and Creative Journal, 1(1), 1–9.
Widiasworo, E. (2018). Mahir penelitian pendidikan modern metode praktis penelitian guru, dosen dan mahasiswa keguruan. Araska Publisher.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.