UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATAPELAJARAN IPAS DI SDN 34 PALEMBANG

Penulis

  • Melani Safitri Universitas Sriwijaya
  • Kurnia universitas sriwijaya
  • Lisa Yuliana universitas sriwijaya
  • Monalisa Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Adim universitas sriwijaya
  • Ketang Wiyono Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

Keywords: Problem Based Learning, learning outcomes, IPAS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas V.A di Sekolah Dasar Negeri 34 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat dari peningkatan bertahap dalam nilai rata-rata siswa pada setiap siklus: pra-siklus (61,3%), siklus I (64,4%), dan siklus II (83,4%). Temuan ini menegaskan bahwa PBL adalah model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar.

Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAS

Referensi

Anggrayni, M., & Apreasta, L. (2022). Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Di Kelas V Sd. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.117

Anugrah, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas:(Langkah-Langkah Praktis Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas). Penerbit LeutikaPrio.

Arifin, M. B. U. B. (2018). Buku ajar metodologi penelitian pendidikan. Umsida Press, 1–143.

Chaidam, O., & Poonputta, A. (2022). Learning Achievement Improvement of 1st Grade Students by Using Problem-Based Learning (PBL) on TPACK MODEL. Journal of Education and Learning, 11(2), 43. https://doi.org/10.5539/jel.v11n2p43

Eka Ariyanti, Y., & dkk. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sd Negeri 2 Tegalombo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950, 08(September), 2543–2559.

Enjoni, E., & Febriyanto, F. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Menggunakan Model Problem Based Learning Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 64–76. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.60

Febiani Musyadad, V., Supriatna, A., & Mulyati Parsa, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13

Ginting, R. F., Ramadhani, S., & Juniarti, I. (2024). Menyiasati Tantangan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(8), 10–20.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334–341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2).

Jailani, J., Sugiman, S., & Apino, E. (2017). Implementing the problem-based learning in order to improve the students’ HOTS and characters. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 247. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.17674

Kasuga, W., Maro, W., & Pangani, I. (2022). Effect of Problem-Based Learning on Developing Science Process Skills and Learning Achievement on the topic of Safety in Our Environment. Journal of Turkish Science Education, 19(3), 872–886. https://doi.org/10.36681/tused.2022.154

Kusmiati, E., Kusnadi, D., & Latipah, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Dalam Memahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Dan Pemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.36

Lewar, Y. E. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas; Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 1730–1740.

Liu, Y., & Pásztor, A. (2022). Effects of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity, 45(December 2021). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101069

Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64–73.

Mursid, R., Saragih, A. H., & Hartono, R. (2022). The Effect of the Blended Project-based Learning Model and Creative Thinking Ability on Engineering Students’ Learning Outcomes. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(1), 218–235. https://doi.org/10.46328/ijemst.2244

Nisfia Rani, G. M. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI TRANSFORMASI ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasa, 45(617), 589–590.

Nofriansyah, Sri Rahayu, dan J. W. (2024). Cooperative Learning Model of Group Investigation Technique in Economic Learning. Journal of Economics and Economic Education, 1(1), 41–48.

Nofriansyah, Martiah, A., & Vhalery, R. (2018). The Effect Of Learning Model Logan Avenue Problem Solving Heuristic To The Student’s Learning Activity. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(10), 279–286. https://doi.org/10.29322/IJSRP.8.10.2018.p8236

Nurochman, R., & Diniya. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) Dengan Pendekatan Blended Learning Terhadap Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) Siswa SMP/MTS Pada Materi Sistem Gerak Manusia. Jurnal of Natural Science Laerning, 01(01), 61–67. https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/14%0Ahttps://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/download/14/8

Polyiem, T., & Nuangchalerm, P. (2022). Self-development of Teacher Students through Problem-Based Learning. Journal of Educational Issues, 8(1), 747. https://doi.org/10.5296/jei.v8i1.19880

Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., Rahmawati, B., Aulia, S. N., & Zainudin, Z. (2023). Isu Tentang Jumlah Siklus Penelitian Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Setiawan, A. (2021). Problem Based Learning (PBL) Model For The 21st Century Generation. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 4(6), 290–296. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Tanjung, D. S., Pinem, I., Mailani, E., & Ambarwati, N. F. (2024). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Thorndahl, K. L., & Stentoft, D. (2020). Thinking critically about critical thinking and prob-lem-based learning in higher education: A scoping review. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1–21. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28773

Vhalery, R., & Nofriansyah, -. (2018). Cooperative Learning in the Learning Activity of Students. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 8(9). https://doi.org/10.29322/ijsrp.8.9.2018.p8110

Widiasworo, E. (2018). Mahir penelitian pendidikan modern metode praktis penelitian guru, dosen dan mahasiswa keguruan. Araska Publisher.

Wijayanto, B., Sumarmi, Utomo, D. H., Handoyo, B., & Aliman, M. (2023). Problem-Based Learning Using E-Module: Does It Effect on Student’S High Order Thinking and Learning Interest in Studying Geography? Journal of Technology and Science Education, 13(3), 613–631. https://doi.org/10.3926/jotse.1965

Yanto, F., & Enjoni, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(1), 9–19. https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.74

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-28

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator