The Effect of the Application of the Round Table Learning Model on Short Story Writing Skills of Grade V Students of Elementary Schools in Gowa Regency
Kata Kunci:
Keywords:Round Table Learning Model, Short Story Writing SkillAbstrak
Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di Sd Inpres Pa’Jokki Kabupaten Gowa, Yaitu rendahnya keterampilan menulis cerita pendek siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan model pembelajaran Round Table siswa, (2) untuk mengetahui hasil pembentukan keterampilan menulis cerita pendek siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Round Table terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasi eksperimental design Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Varibael bebas penelitian ini yaitu model pembelajaran Round Table dan variabel terikatnya yaitu keterampilan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VA), teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi dan tes menulis. Prosedur pengumpulan data yaitu pretest, pemberian perlakuan, dan posttest kemudian dianalisis secara statistic deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan program IMB SPSS statistics version 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Round Table berjalan dengan baik. (2) keterampilan menulis cerita pendek siswa pada pembelajaran setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Round Table menunjukkan adanya perbedaan dari kategori kurang menjadi sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest keterampilan menulis cerita pendek siswa. (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Round Table terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas V SD Inpres Pa’jokki kabupaten Gowa.
Referensi
Rahayu, N. K. S., Musaddat, S., Setiawan, H., & Husniati, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Berbantuan Media Gambar Seri Terhadap Keterampilan Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 1 Terong Tawah Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 3(2), 96-104.
Dalman. 2017. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sari, S. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Pasuruhan 1 Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Penerbit Alfabeta Bandung.
Syafitri, D. N. (2022). Penerpan Strategi KWL (Know Want To Know Learned) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Cangaan Ujungpangkah Gresik (Doctoral dissertation, UIN Susunan Ampel Surabaya).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.