PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kata kunci: E-LKPD, Project Based Learning, Berpikir Kritis.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar E-LKPD berbasis project-based learning dengan memanfaatkan thunkable sebagai media pembelajaran IPA materi metamorfosis, dengan fokus pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Proses penelitian mencakup pengumpulan data melalui lembar validitas dan lembar praktikalitas berupa angket yang berisi tanggapan dari guru dan siswa. Tim validator terdiri atas tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa kelayakan E-LKPD berada dalam kategori sangat baik, dengan skor dari ahli media sebesar 96,0%, ahli bahasa 89,0%, dan ahli materi 90,0%. Tanggapan siswa terhadap penggunaan E-LKPD mencapai 91,5%, sementara tanggapan guru mencapai 96%, keduanya termasuk kategori sangat sesuai. Rata-rata efektivitas penggunaan E-LKPD adalah 89,6%, yang menunjukkan bahwa produk ini memenuhi kriteria yang diharapkan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa E-LKPD berbasis project-based learning layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas III Sekolah Dasar.
Kata kunci: E-LKPD, Project Based Learning, Berpikir Kritis.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.