Evalusai Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran dengan Wordwall Dalam Keterlibatan dan Pemahaman Siswa
Kata Kunci:
Evaluasi efektivitas, Media Pembelajaran, Wordwall, keterlibatan, pemahamanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menganalisis berbagai artikel penelitian terkini tentang implementasi Wordwall dalam pembelajaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, yang ditunjukkan melalui peningkatan persentase hasil belajar. Platform ini terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Implementasi Wordwall juga berkontribusi pada peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall merupakan media pembelajaran interaktif yang efektif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mendukung pemahaman materi pembelajaran. Namun, keberhasilan implementasinya bergantung pada kesiapan guru dalam mengelola kelas dan merancang aktivitas pembelajaran yang tepat. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya meliputi eksplorasi efektivitas Wordwall dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kolaboratif siswa.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.