ANALISIS FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA PROVINSI JAMBI

Penulis

  • Umil Muhsinin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Kiki Fatmawati UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Bheta Adi Laelia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v13i1.304

Kata Kunci:

kurikulum merdeka, madrasah ibtidaiyah swasta, faktor pendukung, faktor penghambat, provinsi jambi

Abstrak

Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah swasta di Provinsi Jambi menghadapi kompleksitas tersendiri mengingat karakteristik lembaga pendidikan ini yang harus mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum keagamaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru, orangtua, dan siswa dari enam MIS di Provinsi Jambi yaitu MIS Nurul Hidayah Kota Jambi, MIS An-Nizham Kota Jambi, MIS Nurul Yaqin Muaro Jambi, MIS Raudhatul Ma'Arif Muara Bungo, MIS Nurul Iman Muaro Jambi, dan MIS Tarbiyatul Mubtadin Rambahan Kabupaten Tebo. Analisis data mengacu pada desain penelitian Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka di MIS Provinsi Jambi meliputi: (1) komitmen kepala madrasah dalam memberikan dukungan moril dan materil; (2) komitmen guru dalam mengikuti pelatihan dan menyiapkan perangkat pembelajaran; (3) dukungan orangtua dalam partisipasi kegiatan pembelajaran; dan (4) dukungan Kementerian Agama melalui kebijakan KMA No. 347 Tahun 2022 dan KMA No. 450 Tahun 2024. Faktor penghambatnya mencakup: (1) keterbatasan sarana dan prasarana terutama perangkat teknologi, ruang belajar fleksibel, akses internet, dan buku pembelajaran; (2) kesenjangan kompetensi guru dalam menerapkan pembelajaran berpusat pada siswa dan keterampilan digital; serta (3) keterbatasan anggaran untuk pengadaan sumber belajar dan pelatihan guru. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman komprehensif tentang dinamika implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah swasta dengan karakteristik dan tantangan yang khas.

Referensi

Arif, M., & Sulistianah, S. (2019). Problems in 2013 Curriculum Implementation for Classroom Teachers in Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(1), 110. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i1.3916

Bae haki. (2023). Faktor Penghambat Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. ConfrenceofElementaryStudies.

Dian, D., Ahmad, C. F., Arsal, F. R., & Mahmudah, S. (2023). Implication And Application MBKM’s Curriculum In Education (Madrasah And Universities). At-Ta’dib, 18(1), 106–122. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9910

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). KONSEP KURIKULUM DAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720

Hidayat, E., Pardosi, A., & Zulkarnaen, I. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(1), 9–18. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.1.2023.2339

Irawan, D., Sari, F. N., & Shodikin, E. N. (2024). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Ma’had Utsman bin ‘Affan Binbaz 25 Jambi. ISLAMIKA, 6(3), 1234–1244. https://doi.org/10.36088/islamika.v6i3.5062

Kiki Fatmawati. (2024). Dynamics of Merdeka Curriculum Change: Challenges and Opportunities in Private Madrasah Ibtidaiyah Management. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 16(1), 49–76. https://doi.org/10.18326/mudarrisa.v16i1.918

Marlina, T. (2022). Urgensi dan Implikasi Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. ProsidingSNPEFKIPUniversitasMuhammadiyahMetro, 1(1).

Ndari, W., Suyatno, Sukirman, & Mahmudah, F. N. (2023). Implementation of the Merdeka Curriculum and Its Challenges. European Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 111–116. https://doi.org/10.24018/ejedu.2023.4.3.648

Ningrum, M., Maghfiroh, & Andriani, R. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85–100. https://doi.org/10.33367/jiee.v5i1.3513

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sari, W. A. P., & Uziroh. (2023). Provinsi Jambi dalam Angka 2023 (A. Sudibyo, Ed.; 1st ed.). BPS Provinsi Jambi.

Sirojudin, A. (2019). MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2).

Sulaiman Kurdi, M. (2021). Dampak Globalisasi pada Konten dan Mata Pelajaran Pada Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah: Tantangan Dan Peluang. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 1(4), 32–59. https://doi.org/10.55606/cendikia.v1i4.1316

Sutrisno, S., Hayati, H., Saputra, N., Arifin, S., & Kartiko, A. (2023). The Influence of The Head of Madrasah and Infrastructure Facilities on The Quality of Education Through Teacher Competence. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 274–288. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i2.423

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator