TIGA SOLUSI DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI SDN 01BENTENG PASAR ATASKOTA BUKITTINGGI
DOI:
https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.76Kata Kunci:
: Three We Solutions ,Pembelajaran , Masa PandemiAbstrak
Penutupan sekolah dapat menghambat dan memperlambat capaian target yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan/ataupun sekolah. Untuk mengisi kegiatan belajar mengajar yang harus diselesaikan pada tahun pelajaran ini, pemerintah mengambil kebijakan pembelajaran dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan), baik menggunakan ponsel, PC, atau laptop, maupun dengan media luring (luar jaringan).Siswa sebagai salah satu bagian dari sasaran kesuksesan program pembelajaran abad 21, tentu harus dipersiapkan sedini mungkin dalam menggunakan teknologi. Dengan adanya system pembelajaran jarak jauh ini mengharuskan siswa untuk paham dan mengerti dengan dunia digital. Sedangkan siswa masih sangat minim dengan ilmu digital. Mereka hanya mengerti penggunaan digital dan teknologi untuk fungsi hiburan semata. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan (Field Research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni mengambarkan sesuatu seperti apa adanya dengan menggunakan sumber-sumber yang mendukung penelitian ini. Hasil dari peneltian ini nantiknya bisa Banyak cara yang dapat dilakukan sekolah untuk mengembangkan dan melanjutkan proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 ini. Tidak harus bertatap muka, tidak harus berjabat tangan, tidak harus melakukan kontak secara langsung. Namun dapat menggunakan aplikasi maupun media pembelajaran online yang menarik. Dengan menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran, maka siswa tetap dapat melakukan proses pembelajaran dengan baik, dan guru tetap dapat melaksanakan kewajibannya kepada siswa. Begitu juga dengan kepala sekolah, tetap dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan kompetensi yang akan dicapainya
Referensi
B.E Rusadi, R. W. (2019). nalisis Learning And Inovation Skills Mahasiswa PAI Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan abad 21. Conciencia.
Best, L., Pendampingan, P., Sekolah, K., We, T., Dalam, S., Atas, B. P., Bukittinggi, K., Pendidikan, D., Kebudayaan, D. A. N., & Bukittinggi, K. (2020). Dra. DESWITA.
Irsyadiah, N., & Rifa’i, A. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Blended Cooperative E-Learning Di Masa Pandemi. Syntax Idea, 3(2), 347. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i2.1011
Rohman, A. (2019). PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH Anas Rohman Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang Abstrak A . PENDAHULUAN Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No . 20 tahun 2003 dalam ketentuan umum pasal 1 ayat 20 dijelaskan bahwa Pembelaj. Magistra, 10(1), 51–70.
Saddan Yasir, Hamidah, P. D. A. (2020). Penerapan Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP IT Ad- Durrah Medan. AL-ULUM Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 233–247. https://doi.org/10.30596/al-ulum.v
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.