PENGEMBANAN FLIP BOOK IPAS HARMONI KEHIDUPAN: KEBUTUHAN MANUSIA DAN PERAN TUMBUHAN UNTUK KELAS IV SD
Kata Kunci:
Flip Book, IPAS, Human & PlantAbstrak
Penggabungan ilmu pengetahuan alam dan ilmu pengetahuan sosial diarahkan untuk membantu siswa memahami kompleksitas hubungan antara unsur-unsur alam dan faktor sosial dalam konteks yang terintegrasi, sehingga membantu dalam membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang dunia di sekitar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan flip Book interaktif yang dapat pemahaman pengetahuan sosial dan pengetahuan alam secara terpadu pada siswa kelas IV. Metode penelitian menggunakan model Richey dan Klein yaitu Penelitian, Desain, Produksi dan Evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil validator media dan validator materi flip Book valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil ujicoba Flip Book IPAS berpengaruh positif terhadap hasil prestasi belajar siswa.
Referensi
Andreani, D., & Ganes Gunansyah. (2023). PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR TENTANG MATA PELAJARAN IPAS PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Guru Pendidikan Sekolah Dasar, 11(9), 1841–1854.
Anggraena, Y., Nisa Felicia, Dion Eprijum Ginanto, Indah Pratiwi, Bakti Utama, Leli Alhapip, & Dewi Widiaswati. (2022). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran Edisi 1 (Vol. 1). Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan.
Anwas, O. M. (2014). AUDIOBOOK: MEDIA PEMBELAJARAN MASYARAKAT. Jurnal Teknodik Vol. 18 - Nomor 1, April 201, 18(1), 54–62. www.scribd.com/doc/24555959/Media-Teknologi-
Badan Standar Kurikulum, dan A. P. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.
Dian Putra, A., Yulianti, D., Fitriawan, H., Digital, F., Pembelajaran, E., Ajar, B., & Dasar, S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Flipbook Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(4), 2173–2177. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Khaq, M., Sari, P., & Pangestika, R. R. (2023). DEVELOPMENT OF ANDROID-BASED INTERACTIVE MEDIA WITH LOCAL WISDOM CONTENT ON THE INTRODUCTION OF REGIONAL MUSICAL INSTRUMENTS FOR PURWOREJO ELEMENTARY SCHOOLS PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BERMUATAN KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PENGENALAN ALAT MUSIK DAERAH UNTUK SEKOLAH DASAR PURWOREJO. Jurnal CERDAS Proklamator, 11(2).
Marlina, T. (2022). URGENSI DAN IMPLIKASI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH. Prosiding SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, 67–72.
Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 16. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i1.41424
Ramadhina, S. R., & Pranata, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7265–7274. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3470
Richey, R. C., & Klein. J.D. (2009). Design and development research: methods, strategies and issues. Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Riduwan. (2017). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Alfabeta.
Rifa’ie, M. (2020). COVID-19 PANDEMIC: THE FLEXIBILITY OF ONLINE LEARNING AT SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 197–209. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1605
Saadah, N. , A., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6, 9180–9187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662
Solihati, I. N. (2023). INOVASI BAHAN AJAR ATAU PEMBELAJARAN. Conference of Elementary Studies, 348–353.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Vol. 27). Alfabeta.
Suhelayanti, Syamsiah Z, Ima Rahmawati, Year Rezeki Patricia Tantu, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S. Tangio, & Dewi Anzelina. (2023). Buku-Referensi-Pembelajaran-Ilmu-Pengetahuan-Alam-dan-Sosial-IPAS. Yayasan Kita Menulis.
Widyasari, I., Istikomah, E., & Herlina, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VIII SMP. Jurnal Derivat, 8(1).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.